FAQ

Biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaran kegiatan belajar mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Univeristas Bumigora

Jika mahasiswa sudah mengambil cuti kuliah,maka jika mau aktif kuliah kembali  mahasiswa tersebut harus mengurus/membuat surat aktif kembali,surat tersebut diajukan melalui bagian Adum ( bagian Administrasi umum ) dan format suratnya bisa di akses di webside kampus,dan segala persyaratan bisa juga dilihat di webside kampus.

Mahasiswa tidak aktif kuliah dalam satu atau dua semester,dengan ketentuan harus membuat surat permohonan cuti,jika mahasiswa tersebut tidak membuat / mengajukan surat permohonan cuti maka mahasiswa tersebut diangap TK ( Tanpa Keterangan ) dan di anggap tidak aktif pada semester yang ditinggalkan. Surat permohonan cuti tersebut dibuat  dibagian Adum ( bagian Administrasi Umum) ) dan format suratnya bisa di akses di webside kampus,dan segala persyaratan bisa juga dilihat di webside kampus.

Apabila mahasiswa yang Dua matakuliahnya berbeda,tetapi bersamaan jadwal ujiannya ( bersamaan hari,jam dan tempat ujiannya)..apabila itu terjadi maka mahasiswa tersebut harus menghubungi bagian Akademik,dan mahasiswa tersebut akan diberikan pilihan ,jika matakuliah yang bentrok itu matakuliah teori dan teori maka mahasiswa tersebut harus mengikuti ujian di salah satu matakuliah yg di ujikan dengan mengerjakan dua soal sekaligus dan mendapatkan tambahan waktu sama dengan waktu ujian jika lama ujian 90 menit maka tambahan waktunya 90 menit juga.dan jika matakuliah yang berntrok itu matakuliah teori dan pratikum maka mahasiswa tersebut harus mengerjakan soal teori di pratikum dan mengikuti jam ujian pratikum.

Untuk  segala yang berhubungan dengan skripsi  bisa menghubungi Bagian Prodi.

Sebelum mulai perkuliahan mahasiswa harus mengurus KRS (Kartu Rencana Studi )dengan ketentuan sbb :

  1. Melakukan pembayaran SPP.
  2. Menghubungi dosen wali yang sudah ditunjuk guna untuk mengarahkan dan sekaligus mengaktifkan KRS.
  3. Jika sudah diaktifkan mahasiswa tersebut bisa untuk mencetak KRS dan setelah dicetek harus disahkan/distempel dibagian Akademik.

Untuk pelayanan di bagian akademik disesuaikan dengan jam kerja dengan  jam pelayanan sbb :

  • Pagi  08.00 – 11.30
  • Istirahat 11.30 – 13.30
  • Siang 13.30 – 17.00.

Jika mahasiswa pada awalnya mengambil Jenjang Diploma 3 dan jika di pertengahan semester ingin pindah ke jenjang Strata satu,dan jika ada mahasiswa yang sudah mengambil jenjang strata satu dari awal akan tetapi masa studi sudah lewat maka mahasiswa tersebut disarankan pindah jenjang /pindah jurusan ke jenjang diploma 3, maka mahasiswa tersebut membuat surat permohonan pindah jenjang / pindah jurusan dibuat  dibagian Adum ( bagian Administrasi Umum) ) dan format suratnya bisa di akses di webside kampus,dan segala persyaratan bisa juga dilihat di webside kampus.

Jika mahasiswa  pada saat ujian merasa jawabannya benar dan nilai yang keluar tidak sesuai dengan yang di harapkan..mahasiswa bisa langsung ke dosen pengampu dan apabila dari dose ada perbaikan nilai maka mahasiswa tersebut mengambil form perubahan nilai di bagian Akademik kemudian form tersebut diisi oleh dosen dan di tanda tangan setelah itu form perubahan nilai dikembalikan lagi ke bagian akademik guna untuk di infutkan kembali nilai perubahannya.

Mahasiswa bisa melihat nilai di program SISKA, atau di madding kampus,dan bisa langsung ke dosen pengampu.

 Jika mahasiswa sudah mengumpulkan berkas /dokumen kelengkapan untuk maju sidang di bagian Prodi barulah mahasiswa tersebut melakukan pendaftaran dengan membawa persyratan antara lain berkas skripsi yang sudah di tanda tangan oleh dosen pembimbing.

Kelengkapan untuk mengikuti pelaksanaan yudisium ,untuk melengkapi syarat yudisium mahasiswa tersebut mengambil form syarat yusium di ruang akademik kemudian di isi dan apabila sudah lengkap form tersebut diserahkan ke bagian Prodi.untuk dimasukan ke daftar peserta Yudisium.

Jika mahasiswa tersebut pada waktu pelaksanaan ujian tidak bisa datang dikarena sakit atau ada halangan lainnya maka mahasiswa tersebut bisa mendaftarkan diri untuk ikut ujian susulan ke bagian prodi dengan batas waktu pendaftaran yang di tentukan oleh bagian prodi jika sudah selesai bagian prodi merekap, baru diserahkan ke akademik untuk dibuatkan jadwal pelaksanaannya.

Perkuliahan singkat dimana pelaksanaanya maximal bulan sudah termasuk pelaksanaan UTS & UAS,dan di perkuliahan KPAT ini mahasiswa dapat memperbaiki nilai semester sebelumnya dan juga mahasiswa bisa mengambil matakuliah yang belum ditempuh/baru.

Pengumuman yang terkait tentang BAAK dapat diliahat di Instagram khusus Akademik dan di Program Siska,di Webside kampus,dan bisa juga di madding madding yang ada di kampus.